• Kesehatan
  • Teknologi
  • Pendidikan
  • Ekonomi
  • Lainnya
  • Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

    Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi harus kita pelajari semaksimal mungkin agar tidak menghilangkan rasa percaya diri. Jangan sampai kita membiarkannya terus terlihat di wajah. Mengapa demikian?

    Ketahuilah. Ketika bekas jerawat di wajahmu masih terlihat, lalu terpapar matahari langsung, maka masalah lain pun akan segera terlihat. Sementara itu negara kita yang tergolong dalam iklim tropis, hampir sepanjang hari memancarkan matahari.

    Apakah kamu rela hidup tanpa bersosial dengan orang lain demi menjaga wajahmu, saya pikir itu tidak mungkin. Oleh sebab itu, satu-satu solusi yang dapat kamu berikan adalah tindakan pencegahan.

    Pencegahan kali ini tentu dengan cara memberikan perawatan tabir surya, terutama saat hendak bepergian. Namun tak terbatas pada tindakan pencegahan dengan tabir surya saja ya. Lebih jelasnya, simaklah artikel berikut!

    Penyebab Bekas Jerawat Menghitam Hitam di Pipi

    Bekas jerawat yang berubah menghitam sebenarnya masalah umum yang sering dialami oleh beberapa orang. Namun kendati demikian, masalah ini akan menjadi lebih buruk lagi ketika terpapar sinar matahari lebih sering. Misalnya, meninggalkan luka bopeng di pipi.

    Namun bekas jerawat maupun luka bopeng itu tidak akan pernah terlihat apabila kamu memberikan penanganan yang ideal. Sedangkan dari kebanyakan kasus, bekas jerawat hitam tersebut muncul karena adanya berbagai faktor, termasuk:

         Kebiasaan orang yang selalu menyentuh dan memencet jerawat.

         Timbul karena adanya faktor genetik.

         Menurunnya produksi kolagen.

         Meningkatnya tingkat produksi melanin.

    Keempat faktor tersebutlah yang sering menjadikan bekas jerawat hitam, bahkan tak jarang meninggalkan luka bopeng.

    Saya yakin, semua orang tentu tidak menginginkan hal itu menimpa wajahnya. Jadi untuk mencegah semua masalah tersebut, segera ambil langkah tepat sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi sebagaimana sudah saya rangkum dalam konteks berikut!

    Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

    Sebenarnya, tanpa memberi penanganan medis dan memakai berbagai produk kimia pun bekas jerawat hitam akan pudar dengan sendirinya. Hanya saja, perlu waktu yang tidak sebentar.

    Lalu, karena alasan rasa tidak percaya diri yang selalu menyelimuti di sepanjang hari, beberapa orang kerap mencari berbagai solusi cara menghilangkan bekas jerawat di pipi dalam waktu singkat.

    Nah jika kamu punya pemikiran yang sama, cobalah terapkan beberapa upaya penanganan bekas jerawat hitam di pipi berikut ini:

    1. Gunakan Tabir Surya

    Tabir surya sendiri terdiri dari berbagai produk dan tergolong dalam skincare wajah. Jika kamu punya masalah bekas jerawat hitam, lalu ingin segera memudarkannya, gunakanlah skincare semacam ini.

    Seperti namanya "sunscreen tabir surya" yaitu produk skincare yang memiliki kemampuan untuk menghilangkan bekas jerawat membandel, bahkan mencegahnya agar tidak semakin memburuk.

    Ketika kamu bepergian, tentu saja hal itu akan memicu kulit wajah terpapar matahari. Jadi, alangkah baiknya jika menggunakan produk tabir surya ini. Upaya ini berguna agar wajah terhindar dari masalah flek hitam seperti bekas jerawat dan bopeng.

    Namun perlu diingat! Meskipun memiliki kemampuan memberi perlindungan terhadap matahari, tidak dianjurkan untuk memakainya setiap hari.

    Selain itu, pilih pula produk tabir surya yang mengandung SPF dengan takaran minimal 30+ saat membelinya. Dengan adanya kadar kandungan SPF tersebut, maka kinerjanya akan semakin optimal.

    Walaupun tabir surya tidak baik digunakan setiap hari, menggunakannya secara berulang 3-4 jam dalam sekali pakai jelas dapat memberi perlindungan lebih optimal.

    2. Berikan Serum Vitamin C

    Memberikan serum yang mengandung vitamin C juga tergolong dalam cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi tanpa meninggalkan luka bopeng.

    Dalam hal ini, vitamin C berperan untuk mencegah terjadinya peradangan kulit. Utamanya pada bekas jerawat yang terlihat di wajah. Maka dari itu, penggunaan serum semacam ini dapat membuat bekas jerawat hitam lekas memudar.

    Waktu paling ideal untuk menggunakan serum vitamin C yaitu pada pagi hari dan pada malam hari, menjelang tidur.

    3. Berikan Perawatan Eksfoliasi

    Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi selanjutnya yaitu dengan melakukan eksfoliasi secara rutin.

    Secara umum, eksfoliasi termasuk dalam perawatan kulit dengan cara mengangkat sel kulit mati. Beberapa orang meyakini bahwa eksfoliasi sangat ampuh untuk memudarkan bekas jerawat hitam. Oleh karena itu, jadikanlah perawatan ini sebagai solusinya.

    Idealnya, kamu dapat menerapkan perawatan ini dengan produk kecantikan dengan kandungan BHA, asam salisilat, AHA dan retinoid.

    Namun satu hal yang perlu kamu hindari saat memilih cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi ini dengan perawatan eksfoliasi ialah, tidak menerapkannya setiap hari. Akan tetapi, cukup secara berkala saja. Misalnya, menggunakannya 2 atau 3 kali dalam seminggu dan pada saat malam hari saja.

    Di satu sisi, pertimbangkan pula takaran eksfolian yang akan kamu berikan. Jika dosis yang kamu berikan lebih besar,  tentu saja  dapat berakibat fatal.

     4. Gunakan Ekstrak Biji Anggur

    Tanpa kamu sadari, ekstrak biji anggur juga dapat menjadi solusi cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang cukup ideal. Kamu dapat memanfaatkan untuk melakukan grapeseed wajah. Mengapa demikian?

    Dari hasil penelitian yang ada, ekstrak biji anggur ini termasuk dalam obat jerawat yang sifatnya oral dengan kemampuan sanggup meringankan hiperpigmentasi sesuai terjadinya peradangan pada kulit.

    Meskipun memiliki khasiat yang ampuh jika diminum, sejauh ini tidak ada hasil penelitian pasti yang menyatakan adanya pemanfaatan ekstrak biji anggur sebagai obat oles.

    5. Gunakan Masker Madu

    Madu memang seringkali menjadi bahan untuk eksfoliasi tertentu, sehingga madu cukup ampuh sebagai alternatif cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang khasiatnya sudah dibuktikan oleh beberapa wanita.

    Penggunaannya sangat sederhana, yaitu dengan mengoleskannya langsung ke area bekas jerawat sebagai masker. Setelah itu kamu harus mendiamkannya hingga mengering, paling tidak 20 sampai 30 menit.
     
    Mengapa madu dapat dijadikan sebagai solusi cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi? Tentu saja karena madu punya kandungan tertentu yang bersifat antiseptik serta anti peradangan. Sehingga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan kulit yang rusak, terutama bekas jerawat hitam.

    Selain itu, madu juga berguna sebagai obat pencegahan terhadap timbulnya flek hitam. Tekstur madu yang kental juga berperan sebagai pelembab, sehingga dapat mempercepat proses perbaikan kulit lalu melembutkan setiap jaringannya.

    Kesimpulan

    Dari semua uraian di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yaitu dengan:

         Menggunakan tabir surya untuk melindungi bekas jerawat dari paparan sinar matahari yang berakibat timbulnya flek hitam (bopengan).

         Memberikan serum vitamin C.

         Memberikan perawatan khusus seperti eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

         Memanfaatkan ekstrak biji anggur sebagai obat oral.

         Dengan memanfaatkan madu sebagai masker alami.

    Demikianlah beberapa tips cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang dapat saya bagikan hari ini ke kalian.

    Posting Komentar untuk "Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi"